350 Pelayan Publik Jadi Target Vaksinasi Covid-19 Massal di Kota Bandung

Sebanyak 350 pelayan publik di Kota Bandung menjadi target vaksinasi Covid-19 massal pada Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelayan Publik Pemerintah Kota Bandung di Balaikota hari ini, Selasa (02/03/2021). Target tersebut terdiri di antaranya anggota DPRD, ASN eselon II, rektor universitas, camat, lurah, serta tokoh agama.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menyebutkan target tersebut hanya sebagian kecil dari total target se-Kota Bandung. Ada sekitar 128.840 orang sasaran untuk Tahap II di Kota Bandung.

“Pelaksanaan vaksin hari ini memang hanya 350 orang, sisanya tetap berlanjut pelayanan di Puskesmas,” jelas Ahyani.

Data Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung menyebutkan total yang sudah diberi vaksinasi Tahap II per Senin (01/03/2021) adalah 1.338 orang dan akan terus bertambah sampai target pelaksanaan Tahap II selesai pada Juni 2021. Di Tahap II ini, Dinkes Kota Bandung juga baru menerima 7% vaksin dari pusat dan akan terus diterima secara bertahap sampai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selesai.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana yang turut hadir pada kegiatan tersebut juga mendapatkan vaksinasi setelah 1 tahun menjadi penyintas Covid-19.

“Saya sudah divaksin, yang terasa hanya pegal-pegal dan mengantuk. Kebijakan sekarang penyintas sudah boleh divaksin jika sudah lewat tiga bulan. Saya sudah satu tahun yang lalu terinfeksi jadi saya masuk sasaran,” katanya.

Yana menambahkan bahwa vaksinasi ini tidak hanya untuk kepentingan pribadi, melainkan penting juga untuk membentuk kekebalan kelompok. Semakin banyak yang divaksin maka semakin banyak orang yang kebal. Meski demikian, ia mengingatkan bahwa vaksinasi tidak serta-merta mencegah kita dari Covid-19 jika tetap abai dengan protokol kesehatan.

“Vaksin ini bukan berarti kita langsung instan punya antibodi, tapi butuh waktu yang cukup lama untuk membentuk antibodi di tubuh kita minimal satu bulan,” tambahnya.

Selain Yana, anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat menanggapi baik vaksinasi ini. Menurutnya, upaya vaksinasi massal ini dapat menguatkan imun masyarakat sehingga terlindung dari Covid-19.

“Saya merasa bangga bahwa Kota Bandung melalui Dinkes melakukan upaya vaksinasi untuk pencegahan Covid-19. Mudah-mudahan 350 orang yang divaksin hari ini berjalan lancar. Kami titip ke Dinkes supaya melakukan upaya pencegahan covid-19 lainnya di masyarakat,” tambahnya.

(Humas Dinkes Kota Bandung)