Vaksinasi Covid-19 bagi Pedagang Pasar Mulai Hari Ini

Vaksinasi Covid-19 bagi pedagang pasar dimulai hari ini, Sabtu (27/02/2021). Pemberian vaksin tersebut dilaksanakan di Pasar Sederhana, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung dengan target 200 pedagang dari jumlah total 1500 pedagang.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Gebyar Vaksinasi Covid-19 Massal untuk para pedagang pasar yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

“Target 200 pedagang ini dipilih oleh PD Pasar Juara yang selanjutnya kita skrining untuk vaksinasi. Sisanya akan divaksinasi juga di fasilitas kesehatan sesuai ketersediaan vaksin,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung, Yorisa Sativa.

Ia menambahkan pedagang adalah kelompok sasaran yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 karena aktivitasnya melibatkan banyak interaksi. Namun, kriteria pedagang yang diprioritaskan untuk divaksin adalah pedagang di pasar tersebut yang memiliki KTP Kota Bandung dengan rentang usia 18-59 tahun. Hal ini juga berlaku untuk titik-titik pasar lainnya.

“Vaksinasi yang dilakukan hari ini adalah vaksinasi Tahap Kedua dosis pertama. Kita harus memastikan pedagang yang hari ini divaksin mau datang lagi untuk mendapatkan dosis kedua,” tambah Yori.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dinkes Kota Bandung bekerja sama dengan Puskesmas dan dinas terkait untuk mendata dan meyakinkan pedagang untuk tuntas melakukan vaksinasi. Selanjutnya, vaksinasi dosis kedua akan diberikan pada 13 Maret 2021 di tempat yang sama.

Sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 kepada pedagang, Camat Sukajadi TB Agus Mulyadi menjadi penerima vaksinasi pertama untuk lebih meyakinkan warganya agar bersedia divaksin.

“Saya memberanikan diri untuk jadi volunteer pertama yang divaksin untuk memotivasi pedagang agar mereka yakin bahwa vaksin ini aman serta untuk menjaga kesehatan saya sendiri,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengikuti program yang diarahkan pemerintah untuk vaksinasi dengan harapan semuanya bisa segera terbebas dari pandemi ini.

Salah satu pedagang yang telah mendapatkan vaksinasi, Harfianti (51) menyebutkan dirinya senang dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

“Pas dapat info acara ini justru senang karena dapat kesempatan untuk vaksinasi duluan,” jelasnya.

Salah seorang pedagang lainnya, Wawan (40) menyebutkan hal yang sama. Menurutnya, acara seperti ini sangat positif.

“Saya percaya kegiatan ini baik. Isteri saya perawat dan sudah vaksin duluan jadi saya tidak takut dan sudah tahu efeknya seperti apa,” jelas Wawan.

Selain pedagang, vaksinasi Tahap Kedua juga menyasar pelayan publik seperti ASN, TNI, POLRI, tokoh agama, lansia, pengendara ojek/taksi online, dan lainnya. Pemberian vaksin pada kategori lain akan dilakukan secara bertahap hingga April 2021.

(Humas Dinkes Kota Bandung)