80 Apoteker AOC Siap Sosialisasikan GEMA CERMAT


Sebanyak 80 apoteker dari 80 UPT Puskesmas se-Kota Bandung mengikuti Pertemuan Pembekalan Apoteker Agent of Change (AOC) dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Minum Obat (GEMA CERMAT) yang diadakan oleh Seksi Farmasi dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Senin (04/03/2019) di Hotel D Sovia Bandung.

Pertemuan Pembekalan Apoteker Agent of Change (AOC) dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Minum Obat (GEMA CERMAT) yang diadakan oleh Seksi Farmasi dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Senin (04/03/2019) di Hotel D Sovia Bandung.

Pertemuan tersebut bertujuan membentuk apoteker AOC untuk menyosialisasikan cara menggunakan obat yang benar kepada masyarakat. Sosialisasi GEMA CERMAT merupakan program nasional Kementerian Kesehatan RI agar langkah promotif dan preventif kesehatan bisa semakin optimal.

Pada pertemuan tersebut, apotek yang menjadi AOC dibekali dengan cara berkomunikasi yang efektif agar masyarakat dapat memahami cara penggunaan obat yang benar. Selain itu, melalui GEMA CERMAT masyarakat diharapkan dapat ikut berpartisipasi untuk menanyakan lima hal dasar mengenai obat kepada apoteker yang terangkum dalam 5O, yakni obat tersebut apa nama dan kandungannya, obat tersebut berkhasiat untuk apa, obat tersebut dikonsumsi pada dosis berapa, obat tersebut bagaimana cara penggunaannya, dan obat tersebut apa efek sampingnya.

“Masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara memperlakukan obat, misalnya penggunaan obat antibiotik, cara penyimpanannya, dan bagaimana cara membuang obat jika obat itu sudah tidak layak dikonsumsi, sehingga kita harus mengajak masyarakat untuk menggunakan obat secara tepat dan rasional,” kata Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita pada sambutannya saat membuka acara tersebut.

Rita juga menegaskan bahwa tenaga apoteker harus siap menjadi agent of change. Ia juga mengingatkan agar apoteker tidak lagi seperti zaman dahulu yang hanya duduk di balik meja apotek dan hanya mengawasi obat, tetapi harus ikut juga berkeliling ke wilayah kerjanya untuk memberikan penjelasan terkait GEMA CERMAT ini.

Lebih lanjut, Rita menjelaskan di Kota Bandung sosialisasi tersebut bisa juga dilakukan melalui program Kekasih Juara.
“Saya mengajak kepada teman-teman apoteker, ayo kita turun ke masyarakat untuk menyosialisasikan GEMA CERMAT ini. Masyarakat harus paham cara menggunakan obat dengan baik dan benar karena obat itu racun, kecuali bila badannya membutuhkan,” pungkas Rita.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)