Dinkes Dorong Kecamatan Gedebage Jadi Kecamatan Pertama dengan ODF 100%

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mendorong Kecamatan Gedebage menjadi kecamatan pertama di Kota Bandung dengan capaian Open Defecation Free (ODF) 100% pada akhir tahun 2020. Hal ini diutarakan Rita pada acara Monitoring dan Evaluasi Capaian ODF Wilayah Kecamatan Gedebage, Rabu (07/10/2020).

Ia mendorong pemerintah dan masyarakat setempat untuk bersama-sama membangun jamban sehat, khususnya di titik-titik yang belum memiliki septic tank. Pasalnya, sisa 90 KK di wilayah Gedebage yang saluran pembuangan akhir kotorannya masih ke saluran air terbuka, seperti sungai dan selokan.

“Saya melihat adanya progres yang sangat signifikan dan usaha yang sangat komitmen dari Kecamatan Gedebage untuk mencapai 100% ODF,” kata Rita.

Lebih lanjut, ia menyebutkan dirinya yakin wilayah Gedebage bisa mencapai 100% ODF pada akhir tahun 2020 sebab pihak kecamatan sudah memiliki pemetaan KK mana saja yang masih buang air besar sembarangan sebagai dasar untuk dilakukan intervensi oleh pemerintah. Intervensi dilakukan dengan membangun septic tank melalui berbagai sumber pendanaan, di antaranya APBN, APBD, CSR, dan dari swadaya masyarakat.

Meski demikian, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ni Luh Widyastuti menjelaskan bahwa pencapaian akses sanitasi ini tidak hanya dinilai dari pembangunan, melainkan bisa menggunakan sarana yang sudah ada. Artinya, ada perubahan perilaku dari masyarakat untuk mengakses jamban sehat dan tidak buang air besar sembarangan.

“Kita bisa memanfaatkan sarana yang sudah ada dengan menyambungkan saluran pembuangan kotoran warga lainnya yang belum memiliki septic tank ke saluran septic tank yang tersedia,” jelas Widya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Kecamatan Gedebage, Zaenudin Sukma menyebutkan pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut untuk merencanakan pembangunan saluran septic tank di tiga kelurahan yang ditargetkan bisa mencapai 100% ODF pada akhir tahun ini.

“Terkait ODF, ada 3 kelurahan lagi yang ditargetkan untuk bisa mencapai 100% ODF, yakni Kelurahan Cisaranten Kidul, Kelurahan Rancabolang, dan Kelurahan Cimincrang,” kata Zaenudin.

Zaenudin menjelaskan dari empat kelurahan di wilayah Gedebage, sudah satu kelurahan yang sudah mencapai 100% ODF, yakni Kelurahan Rancanumpang pada tahun 2015. Sebelumnya, pada September 2020 tercatat 114 KK di Kecamatan Gedebage yang belum memiliki akses jamban sehat. Namun, dengan bantuan CSR dan swadaya masyarakat, jumlah tersebut berkurang menjadi 90 KK pada Oktober 2020.

“Kita berupaya untuk tidak hanya mencapai 100% ODF-nya saja, tapi kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehatnya juga bisa tumbuh di masyarakat,” tambah Zaenudin.

Ia juga berharap agar Kecamatan Gedebage menjadi kecamatan pertama di Kota Bandung yang mencapai 100% ODF.

“Ini adalah kebanggaan bagi kami. Hadirnya Kepala Dinkes yang langsung meninjau ke wilayah kami bisa menjadi pemicu semangat kami untuk mencapai target 100% ODF dan memberi perhatian kepada kami. Ini adalah bukti nyaah pemerintah kepada wilayah kami,” pungkasnya.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)