Dinkes Ajak Gerakan 3M dengan Sebar Masker


Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung kembali mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan melalui gerakan 3M dengan membagikan 630 lusin masker kepada masyarakat yang ada di sekitar Terminal Cicaheum, Leuwi Panjang, Ledeng, Tegalega, dan Terminal Stasiun Kota Bandung, Selasa (03/11/2020). Kegiatan tersebut dalam rangka Kampanye Penggunaan Masker dan menyasar pengguna transportasi umum dan masyarakat di sekitar terminal di Kota Bandung untuk disiplin menggunakan masker karena menjadi titik kerumunan massa.

“Kita perlu menggunakan masker dengan benar, yakni masker menutup hidung dan tulang dagu. Setelah dipakai, dilarang menurunkan masker ke bawah dagu/leher agar kuman yang ada di bawah dagu/leher tidak masuk ke hidung dan mulut,” kata Kepala Puskesmas Babakan Surabaya, Dewi Frida Aryeni.

Dewi menyebutkan bahwa ketika seseorang yang tidak menggunakan masker batuk, maka droplet-nya bisa menjangkau jarak 2 meter dan ketika bersin bisa sampai 6 meter. Hal ini menyebabkan droplet bisa menginfeksi orang sehat yang berada jauh dari sumber droplet jika keduanya tidak memakai masker.

“Covid-19 belum berakhir. Saat ini ada 31 warga Kecamatan Kiaracondong yang positif Covid-19 dengan rincian 10 orang dari Babakan Surabaya dan 21 orang dari Cicaheum dan saat ini sedang ditangani,” tambah Dewi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bandung, Sony Adam menyampaikan bahwa kampanye 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun) memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya yakin jika selama 2 minggu saja semua masyarakat Kota Bandung berkomitmen menggunakan masker juga melakukan 3M maka angka penularan Covid-19 bisa menurun dengan drastis dan Covid-19 bisa hilang dari Kota Bandung,” kata Sony.

Lebih lanjut, Sony menjelaskan bahwa tatanan hidup masyarakat tetap harus berlanjut. Namun, perlu penyesuaian dalam pelaksanaannya, misalnya ketika bertemu atau berkumpul harus menjaga jarak dan memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kita diberikan tugas bersama dengan masyarakat agar kita terhindar dari Covid-19. Pembagian masker hari ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Kota Bandung,” tambah Sony.

Ia pun memberikan apresiasi baik kepada pengelola terminal dan tempat-tempat yang menjadi titik berkumpul masyarakat yang tidak bosan menerapkan protokol kesehatan di lingkungannya. Selain membagikan masker di terminal, Dinkes Kota Bandung melalui puskesmas se-Kota Bandung juga melakukan aksi yang sama secara serentak di wilayah kerjanya masing-masing.

(Humas Dinkes Kota Bandung)