Dinkes Pantau Keramaian di Terminal dan Pusat Perbelanjaan

Dalam rangka menerapkan protokol kesehatan dan pengendalian penyebaran Covid Virus Disease 19 (Covid-19) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melaksanakan pemantauan keramaian yang ada di pusat transportasi umum Terminal dan di pusat perbelanjaan.

Pemantauan tersebut dilakukan sejak sebelum hari Raya Idul Fitri dan diperpanjang sampai Senin (24/05/2021). Salah satu pemantauan yang dilakukan oleh Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung di Terminal Leuwi Panjang pada Jumat (21/05/2021) kepada 15 orang secara acak menyatakan tidak terindikasi Covid-19. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Dinkes bekerja sama dengan lintas sektor menggunakan metode pemeriksaan tes napas GeNose di Terminal Leuwi Panjang tanggal 18-24 Mei 2021. Sebanyak 44 orang telah melakukan tes napas GeNose selama periode Senin (17/05/2021) sampai Jumat (21/05/2021) dan dari hasil tersebut, sebanyak satu orang dinyatakan positif Covid-19 lalu dilaporkan ke Puskesmas terdekat untuk ditindaklanjuti.

Sedangkan di pusat perbelanjaan Paris Van Java, Dinkes Kota Bandung melakukan pemantauan langsung untuk melihat kepatuhan masyarakat dalam mengikuti dan melakukan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Dinkes Kota Bandung mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bandung agar tetap melakukan protokol kesehatan, menjaga kesehatan, dan kebersihan pribadi secara periodik dengan mencuci tangan setelah beraktivitas di ruang publik, menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi pusat keramaian jika tidak terlalu mendesak, serta segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala-gejala Covid-19.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)

Leave a Reply

Your email address will not be published.