IGO dan Dinkes Kota Bandung Siap Kolaborasi


Ikatan Guru Olahraga (IGO) Kota Bandung menyatakan siap berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, khususnya dalam berbagai program yang berkaitan dengan kesehatan olah raga. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum IGO Bandung, Dikdik Setia Munardi pada audiensi dengan Kepala Dinkes Kota Bandung, Kamis (12/09/2019).

“IGO dan Dinkes memiliki visi yang sama, yakni menyiapkan generasi muda yang sehat. Untuk mencapai hal tersebut, kita perlu berkolaborasi,” jelas Dikdik.

Meski sudah berdiri sejak 2004, belum pernah ada kolaborasi antara IGO dan Dinkes Kota Bandung. Hal ini menurut Dikdik disebabkan guru olahraga berada di bawah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berbeda. Oleh sebab itu, pada tahun ini IGO berinisiatif untuk mengajak Dinkes berkolaborasi dalam berbagai program.

“Pada dasarnya guru olahraga di sekolah-sekolah sudah sering menjadi perpanjangan tangan Dinkes melalui Puskesmas pada beberapa program seperti UKS dan imunisasi, tapi secara organisasinya belum,” papar Dikdik.

Ia berharap agar para guru olahraga yang tergabung dalam IGO Kota Bandung dapat lebih banyak mendapat stimulan selain mengajar, salah satunya melalui kolaborasi antara IGO dan Dinkes.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita menyambut baik niat IGO Kota Bandung untuk bersinergi dengan program-program Dinkes Kota Bandung. Rita menjelaskan Dinkes memiliki berbagai program kesehatan yang berkaitan dengan olah raga, di antaranya adalah tes kebugaran fisik pada anak-anak usia sekolah.

“Selain tes kebugaran fisik, beberapa waktu sebelumnya kita juga mengadakan acara Fun Run yang sangat berkaitan dengan olah raga. Saya harap ke depannya kita bisa berkolaborasi untuk acara sejenis,” tambahnya.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Agus Syarif yang saat itu turut mendampingi audiensi tersebut menambahkan bahwa sebelumnya Dinkes sudah pernah bekerja sama dengan Dispora, Disdik, Disbudpar, dan BKOM terkait kesehatan olahraga.

Meski demikian Agus menjelaskan kerja sama tersebut hanya seputar pelatihan fisik sedangkan program kesehatan olah raga Dinkes berorientasi pada pengukuran kebugaran kesehatan.

“Semoga dengan kolaborasi antara Dinkes dan IGO Kota Bandung program kesehatan olah raga, khususnya di sekolah-sekolah dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)