Presiden Targetkan 1 Juta Vaksinasi per Hari

Presiden Joko Widodo menargetkan 1 juta vaksinasi Covid-19 per hari se-Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi pada kunjungannya ke tempat vaksinasi massal Covid-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (17/06/2021).

Sebanyak 5.000 warga umum dari seluruh kelompok usia yang berasal dari wilayah Bandung Raya bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara gratis sebagai upaya percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Kemenkes RI, TNI, Polri, BNPB, Pemprov Jawa Barat, dan Pemkot Kota Bandung.

“Program 1 juta vaksin per hari ini sudah dimulai meskipun bulan ini tergetnya masih di angka 700 ribu. Namun, kami optimistis bisa mencapai target tersebut karena TNI dan Polri masing-masing sudah merencanakan 100 titik vaksinasi se-Indonesia dengan target capaian paling sedikit 2.000 vaksin per titik,” jelas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hadi menambahkan jumlah capaian mungkin bisa lebih dari target jika pelaksanaan vaksinasi ini didukung oleh berbagai pihak. Hal ini diamini oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang mengatakan jika TNI dan Polri bisa mengoptimalkan potensinya maka target tersebut sangat mungkin untuk tercapai.

“Masyarakat silakan datang dan mendaftar ke sentra-sentra vaksinasi di tingkat provinsi, Koramil, Polsek, dan titik-titik lainnya,” jelas Listyo.

Masyarakat dapat mendaftarkan diri secara langsung melalui Babinsa atau Polsek setempat untuk dapat mengikuti vaksinasi tersebut dengan menyertakan KTP.

Meski demikian, Ketua BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Nasional Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito menegaskan agar masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan.

“Setelah divaksin, kami mengimbau masyarakat agar tetap pakai masker dan menjaga jarak demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, hadir pula Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan yang turut meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)