Puskesmas Garuda Masuk Penilaian Lomba FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi


UPT Puskesmas Garuda mewakili Kota Bandung maju sebagai peserta lomba Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin (19/08/2019). UPT Puskesmas Garuda akan bersaing dengan 18 Kota lainnya untuk mewakili Provinsi Jawa Barat menuju tingkat nasional.

Sebelumnya, UPT Puskesmas Garuda meraih juara pertama pada lomba FKTP Berprestasi tingkat Kota Bandung mengalahkan UPT Puskesmas Puter dan Ibrahim Adjie dengan skor total 114,94 poin. UPT Puskesmas Garuda menang dengan skor tertinggi untuk penilaian inovasi, Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), Usaha Kesehatan Perorangan (UKP), serta administrasi dan manajemen.

“Saya harap penilaian ini menjadi inspirasi bagi peningkatan kualitas kesehatan di FKTP dan bukan sekadar gelar, tapi menjadi inspirasi bagi kami dan yang lainnya agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar PLH Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Yana menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bandung berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas dengan harga yang lebih terjangkau, salah satunya melalui FKTP di Puskesmas.

Dukungan serupa diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita yang turut hadir saat penilaian. Rita menyebutkan FKTP merupakan tulang punggung pelayanan kesehatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Kami berharap penilaian terhadap UPT Puskesmas Garuda ini menghasilkan arahan-arahan dan saran terkait pelayanan kami agar kami bisa lebih baik lagi,” tambah Rita.

Ketua Tim Penilaian Lomba, Marion Siagian menjelaskan salah satu tantangan untuk Puskesmas Perkotaan adalah capaian Indeks Keluarga Sehat karena petugas puskesmas di perkotaan umumnya kesulitan untuk melakukan kunjungan lapangan ke rumah-rumah untuk bertemu pemilik rumah.

“Indeks Keluarga Sehat di Jawa Barat saat ini masih rendah. Meski demikian, kita berharap Jawa Barat bisa menorehkan prestasi di tingkat nasional seperti tahun lalu. Kami ucapkan selamat kepada UPT Puskesmas Garuda atas terpilihnya sebagai nominasi penilaian FKTP Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat,” pungkas Marion.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)