UPT Puskesmas Sukarasa Resmi Membangun PONED


 
UPT Puskesmas Sukarasa mulai melakukan pembangunan fasilitas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) setelah diresmikan melalui acara simbolis Groundbreaking Pembangunan Gedung UPT Puskesmas Sukarasa oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Jumat (27/08/2018).
 
“Puskesmas harus jadi juara setiap hari. Bangunannya harus keren mentereng,” kata pria yang akrab disapa Emil ini.
 
Emil menyampaikan rasa bangganya memulai pembangunan fasilitas PONED di UPT Puskesmas Sukarasa tersebut. Ia berharap agar UPT Puskesmas Sukarasa menjadi puskesmas teladan. Selain itu, Emil juga berharap di masa kepemimpinan walikota Bandung selanjutnya warga sudah tidak perlu datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan karena sudah selesai ditangani di puskesmas.
 
“Saya titip program kota sehat untuk kepemimpinan walikota selanjutnya. Anggaran untuk program-program pencegahan dan menjaga kesehatan ini harus maksimal,” tambah Emil.
 
Di samping itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita menjelaskan di wilayah utara Kota Bandung belum ada fasilitas kesehatan dasar milik pemerintah yang menyediakan layanan PONED sehingga UPT Puskesmas Sukarasa yang terletak di wilayah utara Kota Bandung itu dipilih untuk menyediakan layanan tersebut.
 
“Meskipun di Kecamatan Sukasari ini angka kematian ibu dan anak tidak tinggi, tetapi dengan jumlah penduduk yang kurang lebih sebanyak 83 ribu ditambah belum adanya fasilitas tersebut di wilayah utara Kota Bandung,” jelas Rita.
 
Gedung fasilitas PONED UPT Puskesmas Sukarasa akan dibangun sebanyak tiga lantai di atas lahan 310 meter persegi. Gedung tersebut memiliki luas 638 meter persegi yang akan diisi dengan berbagai fasilitas penunjang PONED, seperti ruang bersalin, ruang perawatan pasca persalinan, poliklinik ibu dan anak, serta instalasi gawat darurat (IGD).
 
“Puskesmas dengan PONED di Bandung sejauh ini ada enam yang sudah berjalan. Jika ditambah dengan UPT Puskesmas Sukarasa berarti akan ada tujuh puskesmas PONED dari 8 puskesmas yang beroperasi 24 jam,” tambah Rita.
 
(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)