Enam Puskesmas Dikukuhkan Jadi Puskesmas Santun Lansia


 
Enam Puskesmas di Kota Bandung dikukuhkan menjadi Puskesmas Santun Lansia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-22 di Pendopo Walikota Bandung, Kamis (12/07/2018) lalu. Keenam puskesmas tersebut adalah Puskesmas Puter, Pagarsih, Pasirkaliki, Cibuntu, Cinambo, dan Cibiru. Keenam puskesmas tersebut memiliki beragam inovasi yang diperuntukkan bagi lansia di antaranya Super Sepuh di Puskesmas Cinambo dan Nyala (Nyaah ka Lansia) di Puskesmas Cibuntu.
 
“Kami berharap semua puskesmas se-Kota Bandung dapat mengikuti program lansia seperti yang ada di enam puskesmas yang telah dikukuhkan sebagai Puskesmas Santun Lansia agar seluruh puskesmas di Kota Bandung santun lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita dalam laporannya pada acara tersebut.
 
Rita menambahkan Dinkes Kota Bandung melalui puskesmas rutin mengadakan posbindu bagi para lansia setiap bulan. Puskesmas juga menyediakan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) yang bisa dimanfaatkan para lansia untuk mengontrol kondisi kesehatannya. Meski demikian, belum semua lansia memanfaatkan pelayanan ini.
 
“Prolanis dilakukan setiap satu bulan sekali pada hari Sabtu di puskesmas-puskesmas. Lansia jangan malas, ayo semangat memeriksakan kesehatan secara rutin, perbanyak makan buah dan sayur, kelola stres dengan baik, dan olah raga secara rutin meskipun sudah lansia sehingga Kota Bandung memiliki lansia yang sehat, mandiri, cerdas, dan produktif,” tambah Rita.
 
Hal senada juga diungkapkan pejabat sementara Sekertaris Daerah Kota Bandung, Dadang Supriatna yang hadir pada acara tersebut mewakili Walikota Bandung. Dadang berharap agar para lansia yang hadir di peringatan HLUN ke-22 dapat menyebarkan informasi mengenai program-program lansia di komunitasnya.
 
“Saya harap para lansia bisa turut aktif berpartisipasi untuk datang memeriksakan kesehatannya secara rutin agar bisa segera ditangani dan dicegah apabila terdeteksi memiliki penyakit tertentu,” tambah Dadang.
 
Dadang juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Bandung senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para lansia, di antaranya ada program Layad Rawat, yakni program pelayanan kesehatan jemput bola bagi warga yang tidak sanggup bepergian jauh mengunjungi fasilitas kesehatan. Selain itu, ada pula program Sahabat Lansia, yakni program mingguan yang dilakukan para relawan untuk menemani para lansia beraktivitas.
 
Peringatan HLUN ke-22 di Kota Bandung tahun ini dimeriahkan oleh ratusan lansia binaan dari keenam puskesmas santun lansia dan perwakilan dari berbagai panti wredha di Kota Bandung. Ratusan lansia tersebut mengikuti sejumlah aktivitas, di antaranya senam zumba gold khusus lansia, seminar kesehatan lansia, lomba cerdas cermat, lomba karaoke, dan fashion show khusus lansia.
 
(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)