Jelang Idul Fitri, Dinkes Kota Bandung Siapkan 1.782 Paket Obat


 
Menjelang hari raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiapkan 1.782 paket obat untuk tenaga kebersihan yang akan bertugas pada H-3 sampai H+3 Idul Fitri. Paket obat tersebut sudah mulai dikemas sejak Senin (04/06).
 
“Tahun ini kami mendapatkan surat permohonan permintaan obat dan vitamin dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung bagi tenaga kebersihan yang bertugas pada hari raya idul fitri,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Bandung, Herliani Sudardja.
 
Ribuan paket obat tersebut berisi obat maag, obat anti alergi, vitamin B kompleks, obat pereda nyeri/demam, dan perban. Paket obat ini direncanakan selesai dikemas dan akan didistribusikan melalui PD Kebersihan pada Rabu (05/06).
 
Selain paket obat bagi tenaga kebersihan, Dinkes Kota Bandung juga akan membuka posko kesehatan bagi para pemudik yang tersebar di beberapa titik di Kota Bandung. Posko-posko tersebut akan mulai dibuka mulai H-7 sampai H+7 Idul Fitri.
 
Terkait hal tersebut, Herliani menjelaskan bahwa puskesmas terdekat akan menyuplai ketersediaan obat di titik-titik posko, sedangkan Dinkes Kota Bandung akan menyuplai sisa kekurangan obat yang diperlukan.
 
“Obat yang biasanya disediakan di posko kesehatan antara lain obat penghilang nyeri, obat penghilang nyeri ulu hati, penurun demam, vitamin, dan P3K,” tambah Herliani.
 
Warga yang akan mudik melalui Kota Bandung bisa mengunjungi posko kesehatan Dinkes Kota Bandung atau telepon ke 119 untuk mendapatkan pertolongan dalam situasi gawat darurat medis.
 
(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)