Kota Bandung Akan Jadi Tuan Rumah Seminar KTR


Kota Bandung ditunjuk oleh Deputy Regional Director The Union (International Union Against Tuberculosis and Lung Disease), Dr. Tara Singh Bam sebagai tempat penyelenggaraan seminar nasional dan internasional atas komitmennya dalam mengimplementasikan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Tara menyampaikan tawaran tersebut pada pertemuannya bersama Walikota Bandung, Oded M. Danial pada Rabu sore (16/01/2019).
 
Kota Bandung terpilih lantaran terjadi perubahan yang signifikan pada tingkat kepatuhan masyarakat selama satu tahun menerapkan aturan KTR. Sebelumnya, pada Februari 2018 tingkat kepatuhan masyarakat Kota Bandung pada KTR berada di angka 4,52% sedangkan saat ini meningkat menjadi 20,15%.
 
Tara melihat perbedaan besar yang terjadi di Kota Bandung sejak diterapkannya aturan KTR. Aturan yang tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 315 Tahun 2017 tersebut menyasar sejumlah titik ruang publik, seperti restoran, hotel, perkantoran, serta fasilitas kesehatan.
 
“Ini sudah kesebelas kalinya saya mengunjungi Bandung dan saya melihat perbedaan yang besar,” jelas Tara.
 
Ia menyebutkan Pemkot Bandung mampu membuktikan Kota Bandung memiliki komitmen yang kuat dalam penerapan KTR. Ia mendorong agar penerapan KTR terus berlanjut.
 
“Kita harus terus melihat, mengawasi, mengevaluasi, dan melihat progresnya. Dalam hal ini kita bisa bekerja sama. Oleh sebab itu, kami datang ke sini untuk membuka kerja sama yang lebih luas lagi yakni dengan menyelenggarakan acara nasional dan internasional mengenai KTR,” jelas Tara.
 
Menanggapi hal itu, Walikota Bandung Oded M. Danial menyambut baik tawaran tersebut. Oded menjelaskan Kota Bandung memiliki semangat inovasi, kolaborasi, dan desentralisasi sehingga setiap kebijakan yang dikeluarkan senantiasa mampu diadaptasi oleh masyarakat.
 
“Dalam kerja sama ini kami memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan implementasi KTR ini agar lebih baik,” jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menegaskan bahwa ia akan terus mengimbau agar tempat-tempat yang termasuk KTR agar menerapkan aturan KTR secara baik.
 
“Jika masih melanggar akan kami berikan tindakan yang lebih ketat lagi,” pungkasnya.
 
Selain membahas rencana penyelenggaraan seminar, Tara dan tim The Union melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemantauan lapangan ke dua pusat perbelanjaan di Kota Bandung didampingi oleh Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, Dinkes, Diskominfo, Disbudpar, Satpol PP, dan Bagian Humas Pemkot Bandung.
 
(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)