Puskesmas Garuda Peringati Hari Anak Nasional


 
UPT Puskesmas Garuda menggelar acara Peringatan Hari Anak Nasional di Aula Puskesmas Garuda, Kamis (16/08/2018). Acara tersebut diisi kegiatan lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti siswa sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Andir.
 
Lomba mewarnai diikuti oleh siswa kelas 1-3 SD sedangkan lomba menggambar diikuti oleh siswa kelas 4-6 SD. Ada 46 anak yang mengikuti lomba mewarnai dan 43 anak yang mengikuti lomba menggambar. Setiap peserta dibekali bingkisan berisi meja lipat dan alat tulis dari panitia. Meski demikian, peserta dibebaskan menggunakan alat tulis apa saja baik krayon maupun pensil warna yang mereka bawa sendiri.
 
Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018 mengangkat tema GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat). Tema tersebut sesuai dengan cita-cita UPT Puskesmas Garuda yang dinobatkan sebagai puskesmas ramah anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Juli lalu, yakni dapat mewujudkan generasi berkarakter GESIT, terutama berani dan sehat.
 
“Kita berharap agar tahun ini kita bisa menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang berani untuk mengungkapkan permasalahannya dan tentu saja berkarakter sehat yang bersinggunggan dengan puskesmas,” jelas ketua panitia acara, Pratiwi.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan penyelenggaraan lomba mewarnai dan menggambar sangat identik dengan anak-anak. Lomba menggambar dan mewarnai yang mengangkat tema “Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini diikuti dengan antusias oleh anak-anak meskipun waktu yang diberikan panitia sudah habis. Dari aktivitas tersebut para juri dapat mengenali karakter masing-masing anak dan mengetahui sejauh mana anak-anak mencintai Indonesia melalui goresan-goresan mereka.
 
Keceriaan anak-anak yang mengikuti lomba menggambar dan mewarnai ini diiringi juga dengan lagu nasional dan lagu anak-anak. Dekorasi bernuansa merah-putih semakin memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional di UPT Puskesmas Garuda yang diselenggarakan berdekatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Pada acara tersebut hadir pula Kepala UPT Puskesmas Garuda, Camat Andir, Asosiasi Pendeta Indonesia (API), staf Seksi Gizi & Keluarga Dinkes Kota Bandung, panitia, dan perwakilan dari pihak sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut.
 
Kepala UPT Puskesmas Garuda, Nitta Kurniati menyebutkan dirinya berharap agar peringatan Hari Anak Nasional tidak hanya dilakukan di tempatnya saja, tetapi bisa direplikasi oleh puskesmas lainnya di Kota Bandung. Selain itu, pelayanan ramah anak harus terus dijalankan di seluruh puskesmas se-Indonesia.
 
“Jangan hanya peluncuran, tetapi pelayanan ramah anak harus terus berjalan karena setiap puskesmas seharusnya ramah anak,” tambah Nitta.
 
Nitta juga menjelaskan di luar perayaan yang berkaitan dengan anak, UPT Puskesmas Garuda sudah menyediakan berbagai layanan kesehatan bagi anak-anak, di antaranya Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Sahabat Keluarga Garuda (SAGARA), pelayanan pemeriksaan gigi, TB, dan pelayanan umum khusus anak yang terpisah dengan pelayanan dewasa, serta pelayanan lainnya.
 
(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)